MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DENGAN PEMBELAJARAN METAKOGNITIF DI KELAS X TKR SMKS 6 PERTIWI CURUP

Indonesia

  • Bayu Putra Irawan Politeknik Raflesia

Abstract

ABSTRAK

 Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TKR SMKS 6 Pertiwi Curup yang berjumlah 34 orang. Pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi dan lembar tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan tindakan kelas dengan pembelajaran metakognitif terlaksana dengan baik. Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa meningkat dapat terlihat dari hasil tes yang diberikan, jika pada hasil pre-test hanya 5 orang siswa yang mencapai kategori baik, maka pada hasil post-test sebanyak 24 orang siswa telah mencapai kategori baik, untuk indikator memecahkan masalah dalam kategori kurang pada pre-tes dan pada post-test hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang diberikan menunjukkan adanya peningkatan. Jika pada hasil pre-test tidak ada satu siswapun mencapai kategori baik, maka pada hasil post-test untuk siklus I sebanyak 11 orang siswa mencapai kategori baik dan pada hasil post-test siklus II sebanyak 28 orang siswa mampu mencapai kategori baik.

Berdasarkan indikator keberhasilan, maka penelitian ini bisa dikatakan berhasil. Hal ini dilihat berdasarkan pencapaian tiap-tiap indikator berpkir kreatif dan pemecahan masalah matematis siswa dengan kategori baik lebih dari 20 orang. Oleh karena itu, penelitian ini dihentikan sampai siklus II.

Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kreatif, Pemecahan Masalah Matematis Siswa, Pembelajaran Metakognitif

References

Achmad, Arief. 2011. Memahami Berpikir Kreatif. Bandung. Diakses dari : http://edyprawoto.com/kemampuan-berpikir-kreatif.html

Amri, Sofan, dkk. 2010. Proses Pembelajaran inovatif dan Kreatif Dalam Kelas. PT. Prestasi Pustakaraya. Jakarta.

Anderson, Neil J. 2002. The Role of Metacognition in Second Language Teaching and Learning. Tersedia http://pdfcracks.com/the-role-of-metacognition-in-second-language-teaching-and-learning/ PDF. Download.

Arikunto, dkk. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Dimyati dan Mudjiono. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Fisher, Alec. Berpikir Kreatif : Sebuah Pengantar. Terjemahan oleh Benyamin Hadinata. 2016. Erlangga. Jakarta.

Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta.

H Nindiasari, YS Kusumah, U Sumarmo (2014). Pendekatan metakognitif untuk meningkatkan kemampuan berpikir Reflektif Matematis Siswa SMA. Jurnal Edusentris, 1(1). 80-82.

Jacob, C. 1998. Mengajar Pemecahan Masalah Dalam Matematika. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Upaya-upaya Meningkatkan Peran Pendidikan Matematika dalam Menghadapai Era Globalisasi di Malang. Pascasarjana IKIP Malang 4 April 1998.

Muijs, D., Reynolds. D. 2016. Effective Teaching Teori dan Aplikasi. Terjemahan oleh Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini Soetjipto. 2008. Pustaka Pelajar
Nur, Mohammad. 1999. Psikologi Pendidikan : Pondasi Untuk Pengajaran. Diktat. IKIP Surabaya. Surabaya.
R Faelasofi (2017). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Pokok Bahasan Peluang. JURNAL e-DuMath, 3(2), 155-158.

Sagala, S. 2016. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Soedjadi, R. 2010. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta : Depdiknas.

Sukino. 2018. Matematika Untuk SMA kelas X Semester 2. Jakarta : Erlangga.

. 2017. Juknis Penyusunan Perangkat Penilaian Afektif DI SMK. Direktorat Pembinaan SMK. Diakses dari http://suaidinmath.files.wordpress.com/2011/01/31-juknis-penyusunan-perangkat-penilaian-psikomotor-_isi-revisi__0104.pdf
Published
2021-06-30