https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP/issue/feed 2024-07-30T10:24:07+00:00 Open Journal Systems https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP/article/view/2832 Analisis Kendala Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MB-KM) bagi Mahasiswa 2024-07-08T01:29:21+00:00 Tri Ariani triariani239@ymail.com Merti Triyanti mertibiologi@gmail.com Sulton Nawawi nawasie@ymail.com Ervina Mukharomah Mukharomahsaqw@ymail.com Muhammad Rusdi Rusdiyaaeq@ymail.com Rayandra Asyhar Asyharqweq@ymail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kendala penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) bagi mahasiswa di Universitas PGRI Silampari dan Universitas Muhammadiyah Palembang. Kurikulum MBKM adalah kebijakan yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dengan tujuan meningkatkan kualitas lulusan agar lebih siap dan adaptif terhadap kebutuhan zaman. Metode penelitian yang digunakan adalah survei deskriptif kuantitatif yang melibatkan 600 mahasiswa dari kedua universitas tersebut. Hasil survei menunjukkan bahwa meskipun sebagian besar mahasiswa sudah mempersiapkan diri untuk mengikuti program MBKM dan menganggapnya bermanfaat untuk pengembangan keterampilan, masih terdapat banyak kendala dalam implementasinya. Kendala-kendala tersebut meliputi kurangnya pemahaman mahasiswa terhadap kebijakan MBKM, minimnya sosialisasi, ketidaksesuaian program dengan minat mahasiswa, masalah administrasi, keterbatasan sumber daya manusia, dan kurangnya pemahaman IT. Oleh karena itu, diperlukan upaya kolaboratif antara pemerintah, universitas, dan pihak terkait lainnya untuk mengatasi kendala-kendala tersebut dan memastikan keberhasilan implementasi program MBKM.</p> 2024-07-08T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP/article/view/2875 Hubungan Fleksibilitas Sendi Tulang Belakang Terhadap Keberhasilan Jump Serve pada Eksrakurikuler Bola Voli di SMK Negeri 2 Lubuklinggau 2024-07-08T01:32:05+00:00 Hengky Remora por_remora@yahoo.com Muhammad Suhdy 86suhdy@gmail.com <p>Pelaksanaan pembelajaran bola voli, sangat didukung dengan sarana dan prasarana yang mewadai dan sudah cupu baik. Namun dalam pembelajaran masih banyak siswa yang belum memahami tentang peran <em>fleksibilitas</em> sendi tulang belakang terhadap keberhasilan <em>jump serve</em> pada ekstrakurikuler bola voli di SMK Negeri 2 Lubuklinggau.Hipotesis dalam penelitian ini terdapat hubungan <em>fleksibilitas</em> sendi tulang belakang terhadap keberhasilan jump serve pada ekstrakurikuler bola voli di SMK Negeri 2 Lubuklinggau. Penulis juga menggunakan 2 variabel, yaitu: variabel bebas (X) <em>fleksibilitas</em> sendi tulang belakang dan variabel (Y) <em>jump serve</em>. Populasi penelitian berjumlah 25 orang, di ambil dari keseluruhan sampel yang menggikuti ekstrakurikulet bola voli di SMK Negeri 2 Lubuklinggau. Metode yang di gunakan peneliti yaitu metode surve dengan tehnik korelasi. Dan tehnik pengumpulan data menggunakan <em>sit and reach</em> tes untuk mengetahui <em>fleksibilitas</em> sendi tulang belakang dan tes keterampilan <em>jump serve</em> untuk mengetahui hasil jump serve serta analisis data menggunakan rumus korelasi <em>product moment</em>. Kemudian hasilnya dikonsultasikan kedalam tabel interprestasi r untuk mengetahui tingkat hubungan antara <em>fleksibilitas</em> sendi tulang belkang terhadap hasil <em>jump serve</em>.Hasil analisis data penelitian didapatkan hasil perhitungan korelasi niali r adalah 0.0122 kemudian nilai r tersebut dikonsultasikan ke dalam tabel interprestasi r di dapat kan tingkat hubungan adalah rendah. Berarti hipotesis dari penelitian ini terdapat hubungan <em>fleksibilitas</em> sendi tulang belakang terhadap keberhasila <em>jump serve</em> pada ekstrekurikuler bola voli SMK Negeri 2 Lubuklinggau, dapat di terima</p> 2024-07-08T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP/article/view/2902 Developing An Interactive English For Children Textbook Oriented To Critical Thinking Skills 2024-07-08T01:24:51+00:00 Maria Ramasari mariaramasari@gmail.com Ardayati Ardayati Ardayati470@yahoo.com <p>Being able to speak another language, particularly a foreign language, will not only improve communication, but it will also make it easier to keep up with advances in science and technology. The availability of suitable textbooks is a crucial element in a learning process as an effort to achieve optimal learning. If the teaching materials and the students’ level and maturity are compatible, then the textbooks are deemed acceptable. This research’sgoal is to examine an Interactive English for Children Textbook Oriented to Critical Thinking Skills for Beginner students at SD Negeri 45 Lubuklinggau that has been adapted to meet the needs of Grade 4 Elementary School students. By modifying the ADDIE (Analysis-Design-Development-Implementation-Evaluation) development model, this form of research is considered research and development (R&amp;D). The research participants included 20 students in the 4th grade of an elementary school in Lubuklinggau City, one elementary English teacher, and two lecturers from Bina Insan University, one of whom was an expert in learning media and the other on materials and language. Researchers used observation, interviews, questionnaires, and documentation as data collection methods. The findings revealed that while the evaluation of learning English teacher replies reached 91.66%, the level of applicability of the textbook development outcomes acquired from students’ response reached 91.05%. These findings support the notion that the end result of the construction of textbooks is highly applicable.</p> 2024-07-08T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP/article/view/2669 Respons dan Tingkat Keterbacaan Bahan Ajar Matakuliah Morfologi Bahasa Indonesia Berbasis Kontekstual pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas PGRI Silampari 2024-07-08T01:38:56+00:00 Tri Astuti triastuti8899@gmail.com Nur Nisai Muslihah nurnisai86@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respons dan tingkat keterbacaan bahan ajar matakuliah Morfologi Bahasa Indonesia berbasis kontekstual pada mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas PGRI Silampari. Mahasiswa yang menjadi subyek penelitian adalah mahasiswa semester III yang mengambil mata Kuliah Morfologi Bahasa Indonesia. Jenis penelitiannya adalah penelitian pengembangan pendidikan <em>(educational research and development..)</em> Data penelitian dikumpulkan melalui angket dan teknik tes. Analisis data menggunakan teknik analisis persentase dan rata-rata tes hasil belajar. Hasil analisis respons mahasiswa diketahui tingkat kepraktisan bahan ajar yang digunakan. Melalui data evaluasi <em>one to one </em>diperoleh respons mahasiswa sebesar 95% (sangat praktis), pada evaluasi <em>small group tryout </em>&nbsp;diperoleh respons mahasiswa sebesar 92.44% (sangat praktis), dan pada evaluasi <em>field tryout </em>diperoleh respons mahasiswa sebesar 87.08 (sangat praktis). Rerata respons mahasiswa terhadap buku ajar sebesar 88.58 menunjukkan kategori sanga praktis. Untuk tingkat keterbacaan buku ajar diperoleh rerata nilai tes hasil belajar sebesar 81.07 dalam kategori sangat baik. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa bahan ajar Morfologi Bahasa Indonesia berbasis kontekstual memiliki tingkat kepraktisan yang sangat tinggi dan tingkat keterbacaan yang sangat baik.</p> 2024-07-08T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP/article/view/2898 Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Think Pair Share pada Materi Pertidaksamaan Linear Kelas X SMK GKPS 2 Pematangsiantar 2024-07-08T01:26:06+00:00 Inri Sulena Tamba Inrisulena@yahoo.com Agus Junsion Naibaho agusjnaibaho@gmail.com Salim Efendi salim.efendi@unefa.ac.id Nova Erawati Sidabalok erasidabalok@yahoo.co.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan bepikir kritis siswa kelas X TSM 1 dan X TSM 2 SMK GKPS 2 Pematangsiantar dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan Think Pair Share pada materi Pertidaksamaan Nilai Mutlak Satu Variabel. Adapun yang menjadi latar belakang penulisan ini karena kurang mampunya siswa dalam memecahkan suatu permasalahan dalam soal matematika. Kebanyakan siswa yang selalu menyatakan matematika itu adalah pembelajaran yang sangat sulit maupun membosankan. Ini terjadi dikarenakan kurang tepatnya suatu model pembelajaran yang digunakan oleh guru.Penentuan sampel menggunakan teknik sampel jenuh, Instrumen untuk mengumpulkan data pada penelitian berupa tes yang terdiri dari 5 butir essay. Hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa varian data penelitian homogen. Data tersebut selanjutnya dianalisis menggunakan uji Anava Dua Arah pada taraf signifikansi 5%. Hasil perhitungan uji Anava Dua Arah yang dilakukan pada skor pretest dan posttest menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang sedikit antara model pembelajaran <em>Problem Based Learning</em> dan <em>Think Pair Share</em>. Setelah dilakukan uji Anava Dua Arah pretest dan posttest, terlihat bahwa selisih rata-rata setelah diterapkan model pembelajaran <em>Problem Based Learning</em> dan <em>Think Pair Share</em> lebih besar dibanding sebelum diterapkan model pembelajaran. Kenaikan rata-rata <em>posttest Problem Based Learning </em>(84.00)lebih tinggi dibandingkan sebelum (<em>pretes</em>) diterapkan model pembelajaran <em>Problem Based Learning </em>(34,25) dan kenaikan rata-rata <em>Posttest Think Pair Share (82,00) </em>lebih tinggi dibanding sebelum (pretes) diterapkan model pembelajaran dan <em>Think Pair Share (26.00).</em> Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dengan model pembelajaran <em>Problem Based Learning</em> dan <em>Think Pair Share</em> digunakan dalam pembelajaran pertidaksamaan nilai mutlak satu variabel tidak terlalu signifikan antara siswa.kelas X TSM 1 dan X TSM 2 SMK Swasta GKPS 2 Pematangsiantar</p> 2024-07-08T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP/article/view/2896 Pengembangan LKPD Berbasis Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMP Negeri Prabumulih II 2024-07-08T01:26:39+00:00 Weni Ulan Dari weniulandari22@gmail.com Sulistiyono Sulistiyono suliswae85@gmail.com Wahyu Arini wahyuarini282@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan LKPD berbasis contextual teaching and learning yang layak untuk meningkatkan minat dan hasil belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri Prabumulih II, (2) Mengetahui peningkatan minat belajar siswa kelas VIII SMP Negeri Prabumulih II setelah mengikuti kegiatan pembelajaran dengan menggunakan LKPD berbasis contextual teaching and learning (3) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri Prabumulih II dengan menggunakan LKPD berbasis contextual teaching and learning. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan R&amp;D (Research and Development) dengan menggunakan model 4D yaitu terdiri 1) tahap Define, 2) tahap Design, 3) tahap Develop, 4) tahap Disseminate. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) LKPD berbasis contextual teaching and learning yang layak digunakan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri Prabumulih II dengan hasil validasi ahli media sebesar 45 termasuk dalam kategori baik, ahli bahasa sebesar 35 dikategorikan sangat baik dan ahli materi 41 termasuk kategori sangat baik; (2) peningkatan minat belajar siswa sebelum menggunakan LKPD memperoleh skor rata-rata 70,71% dikategorikan tinggi dan setelah menggunakan LKPD memperoleh skor rata-rata 80,47% dikategorikan sangat tinggi; (3) peningkatan hasil belajar fisika sebesar 0,57 termasuk dalam kategori sedang.</p> 2024-07-08T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP/article/view/2889 Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Pembelajaran IPA Kelas V SD Negeri 46 Lubuklinggau 2024-07-08T01:27:10+00:00 Rezky Putri Rahmadhani rezkyeyirezkieyi@gmail.com Eka Lokaria ekalokaria87@gmail.com Yuni Krisnawati yunikrisnawati.stkippgri@gmail.com <p>This research aims to determine the validity, practicality and effectiveness of Learning Media Pop-Up Book Class V Science at SD Negeri 46 Lubuk Linggau which was developed. This type of research is Research and Development with a development model ADDIE. The research subjects consisted of experts, teachers and class V students at SDN 46 Lubuklinggau. Data was collected through observation, interviews, questionnaires and tests. Based on the results of validation carried out by linguists, material experts and media experts, the Pop-Up Book in class V science learning was declared to meet valid criteria with an average score of 0.91. Analysis of the practicality sheet assessment for educators and students meets the practical criteria with a score of 86.81%. Then the analysis of the effectiveness assessment is obtained by a score N-Gain an average of 0.74 in the high category. Based on the research results, it can be concluded that Learning Media Pop-Up Book In Class V science learning, it was proven to be valid, practical and effective so it is suitable for use in science learning, material on changes in the shape of objects for class V SDN 46 Lubuklinggau</p> 2024-07-08T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP/article/view/2897 Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Rasa Ingin Tahu Siswa Kelas VII SMP IT Al-Furqon 2024-07-08T01:27:46+00:00 Aila Anggi Oktavia Putri aylaanggi17@gmail.com Ovilia Putri Utami Gumay Oviliapugg@ymail.com Sulistiyono Sulistiyono suliswae85@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan LKPD berbasis <em>discovery learning</em> yang layak untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan rasa ingin tahu siswa kelas VII SMP IT Al-Furqon. (2) mengetahui peningkatan keterampilan proses sains siswa kelas VII SMP IT Al-Furqon setelah menggunakan LKPD berbasis <em>discovery learning</em>. (3) mengetahui peningkatan rasa ingin tahu siswa kelas VII SMP IT Al-Furqon setelah menggunakan LKPD berbasis <em>discovery learning</em>. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah <em>Research and Development (R &amp; D). </em>Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP IT Al-Furqon. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi dan lembar observasi. Kelayakan LKPD berdasarkan hasil validasi yang telah dilakukan oleh ahli dari aspek materi diperoleh skor 40 termasuk dalam kategori sangat baik, aspek media diperoleh skor 41 termasuk dalam kategori sangat baik, dan aspek bahasa diperoleh skor 55 termasuk dalam kategori sangat baik. LKPD berbasis <em>discovery learning</em> dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan rasa ingin tahu siswa, hal ni ditunjukkan dengan nilai standard N-Gain sebesar 0,81 untuk keterampilan proses sains dan 0,76 untuk rasa ingin tahu yang termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa LKPD&nbsp; berbasis <em>discovery learning </em>termasuk dalam kategori baik sehingga layak untuk kegiatan pembelajaran dikelas.</p> 2024-07-08T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP/article/view/2994 Pengembangan LKPD Pada Mata Pelajaran IPA Berbasis Project Based Learning Siswa Kelas V SDN 47 Lubuklinggau 2024-07-29T13:31:54+00:00 Agustinus Eko Tri Novianto agustinuseko2222@gmail.com Dodik Mulyono dodikmulyono81@gmail.com Eka Lokaria ekalokaria87@gmail.com <p>The objective of this research is to develop worksheets on science learning for fifth grade students of SD Negeri 47 Lubuklinggau and to produce valid, practical, and effective worksheets for students. This type of research is Research and Development using the ADDIE model. The subjects in this study were fifth grade students of SD N 47 Lubuklinggau, totaling 27 students. The data collection techniques used are interviews, questionnaires, and tests. Based on the results of the validity test of the three validators, namely linguists, materials, and media, the average result was 0.86 with the category "High". Then the results obtained from the practicality test of educators and students obtained an overall average score of 90% with the category "Very Practical". Meanwhile, based on the results of the learner effectiveness test, it is indicated by the results of the learner effectiveness test assessment with a Normalized Gain score of 0.44 with a classification of "Moderate</p> 2024-07-08T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP/article/view/2995 Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Ekosistem Kelas VII di SMP Negeri 7 Lubuklinggau 2024-07-29T13:43:57+00:00 Angesta Catur Prastiawati Prastiawati121@ymail.com Destien Atmi Arisandy Arisandyaw@ymail.com Ria Dwi Jayati ria2jayati@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Ekosistem untuk Kelas VII di SMP Negeri 7 Lubuklinggau. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&amp;D). Teknik analisis data menggunakan skala likert dengan uji validitas dan kepraktisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi desain berada pada kategori valid dengan nilai persentase 75% berada pada kategori valid. Hasil validasi bahasa berada pada kategori sangat valid dengan nilai persentase 90% berada pada kategori sangat valid. Hasil validasi materi berada pada kategori sangat valid dengan nilai persentase 97% berada pada kategori sangat valid. Uji kepraktisan untuk guru IPA dengan persentase 80% berada pada kategori praktis, kemudian pada uji coba siswa kelompok kecil memperoleh nilai rata-rata 27,8 berada pada kategori praktis. Terakhir pada uji coba siswa kelompok besar memperoleh nilai rata-rata 28,9 berada pada kategori praktis.</p> 2024-07-08T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP/article/view/2996 Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Unsur Estetis Tari Tunggal Nusantara di Kelas XI Sekolah Menengah Atas 2024-07-29T14:01:34+00:00 Fitrah Cyntha Dirna cynthadirna@gmail.com Yosef Yosef Yosefati@ymail.com Waspodo Waspodo Waspodojaye@ymail.com R. Angga Bagus Kusnanto Kusnantoangga@ymail.com <p>Penelitian ini bertujuan menghasilkan multimedia interaktif yang valid, praktis, dan &nbsp;menghasilkan efek potensial terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (<em>development research</em>) yang mengadopsi dari model pengembangan <em>Barbara N.Flagg</em>. Prosedur penelitian dimulai dari planning, design, production, dan implementation. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Pemulutan Barat. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Tahun Pelajaran 2013-2014. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi, wawancara, angket, observasi, dan tes. Teknik analisis data terdiri atas uji validasi, analisis data wawancara, analisis data angket, analisis data observasi, dan analisis data tes. Hasil analisis disimpulkan bahwa multimedia interaktif yang peneliti kembangkan dengan kompetensi dasar mendeskripsikan unsur estetis tari tunggal nusantara di kelas XI Sekolah Menengah Atas sudah memenuhi aspek validitas baik valid secara materi (<em>content</em>), desain instruksional (<em>construct</em>), dan media (<em>layout</em>). Multimedia interaktif yang dikembangkan sangat praktis sehingga layak untuk digunakan oleh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pemulutan Barat, karena kepraktisannya sudah diujicobakan secara satu-satu dan kelompok kecil. Multimedia interaktif yang telah dikembangkan mempunyai efek potensial terhadap hasil belajar siswa. Efek potensial terhadap hasil belajar siswa pada tahap uji lapangan yaitu sebesar 90 berada pada kategori sangat baik, dan setelah dianalisis dengan N-gain termasuk kategori tinggi yaitu di atas 0,7.</p> 2024-07-08T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP/article/view/3011 Pengembangan Booklet Keanekaragaman Ikan Air Tawar di Wisata Air Dam Bagi Masyarakat Desa Bukit Ulu 2024-07-30T10:24:07+00:00 Bella Anggun Sari anggunsari09@ymail.com Mareta Widya maretawidiya@gmail.com Sepriyaningsih Sepriyaningsih Sepriyaningsihaja71@ymail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui hasil pengembagan booklet keanekaragaman ikan air tawar di Wisata air Dam di Desa Bukit Ulu. Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2023-Januari 2024. Berdasarkan validasi booklet keanekaragaman ikan air tawar di Wisata air Dam Desa Bukit Ulu oleh 3 validator yaitu ahli media, ahli bahasa, ahli materi dan hasil uji respon masyarakat, yaitu validator ahli materi dengan persentase 81%,&nbsp; validator ahli media dengan persentase 80%, validator ahli Bahasa dengan persentase 85%, dan hasil uji coba respon dari masyarakat Desa Bukit Ulu adalah sebesar 91,9% hal ini menunjukkan bahwa booklet yang dikembangkan telah dinyatakan sangat layak dan tidak perlu direvisi</p> 2024-07-30T10:24:06+00:00 ##submission.copyrightStatement##