SOSIALISASI PEMANFAATAN LIMBAH KOTORAN SAPI SEBAGAI BIOGAS

SOSIALISASI PEMANFAATAN LIMBAH KOTORAN SAPI SEBAGAI BIOGAS

  • Endang Lovisia Universitas PGRI Silampari
  • Tri Ariani Universitas PGRI Silampari
  • Ovilia Putri Utami Gumay Universitas PGRI Silampari
  • Wahyu Arini Universitas PGRI Silampari

Abstract

Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di Desa tanah periuk, Kabupaten Musi Rawas dengan target sasaran masyarakat Desa tanah periuk. Sebagian besar masyarakat Desa tanah periuk bahkan setiap rumah memiliki ternak hewan berupa sapi, oleh sebab itu dipandang sangat tepat jika dosen melakukan pengabdian kepada masyarakat di Desa tanah periuk. Mengingat banyaknya ternak sapi di daerah tersebut TIM mengajak masyarakat setempat untuk mengelola kotaran sapi menjadi bahan bakar biogas. Kurangnya pengetahuan masyarakat setempat akan pemanfaatan limbah kotoran sapi ini, membuat TIM tertarik untuk menerapkan teknologi tepat guna dalam memanfaatkan limbah kotoran sapi sebagai sumber energi alternatif yaitu biogas. Dengan adanya biogas diharapkan masyarakat tidak tergantung lagi pada elpiji mengingat pasokan energi saat ini semakin berkurang selain itu jika dibandingkan dengan elpiji penggunaan biogas dapat lebih menghemat pengeluaran karena mengingat harga elpiji pada saat ini yang semakin meningkat, maka diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan energi terbarukan berupa biogas tersebut. Adapun metode yang TIM gunakan adalah metode sosialisasi dan diskusi tentang cara pembuatan biogas dari limbah kotoran sapi. Hasil yang diperoleh dari PKM ini adalah masyarakat Desa Tanah Periuk bisa membuat reaktor beserta Biogas, selain itu pengetahuan masyarakat juga meningkat.

References

Paimin, Farry, B. 1995. Alat Pembuatan biogas Dari Drum. Jakarta: Penebar Swadaya.

Setiawan, A.I. 2008. Memanfatkan Kotoran Ternak. Cet 14. Jakarta: Penebar Swadaya.

Simamora, S. et al. 2006. Membuat Biogas Pengganti Bahan Bakar Minyak Dan Gas Dari Kotoran Ternak. Jakarta: AgroMedia Pustaka.

Wahyuni, S. 2015. Panduan Praktis Biogas. Jakarta: Penebar Swadaya.

Ayub, A. Haryanto, S. Prabawa. 2015. Produksi Biogas dari Rumput Gajah (Pennisetum Purpureum) Melalui Proses Fermentasi Kering.Artikel Ilmiah Teknik Pertanian Lampung: 33 – 38 (fp.unila.ac.id).

Putra, G.M.D. et al. 2017. Rancang Bangun Reaktor Biogas Tipe Portable Dari Limbah Kotoran Ternak Sapi. Jurnal Ilmiah Rekayasa Pertanian dan Biosistem, Vol.5, No. 1.
Published
2022-12-10

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>