SOSIALISASI PEMANFAATAN LIMBAH TAHU SEBAGAI BIOGAS DI KECAMATAN SINGKUT KABUPATEN SAROLANGUN

SOSIALISASI PEMANFAATAN LIMBAH TAHU SEBAGAI BIOGAS DI KECAMATAN SINGKUT KABUPATEN SAROLANGUN

  • Wahyu Arini Universitas PGRI Silampari
  • Tri Ariani Universitas PGRI Silampari
  • Endang Lovisia Universitas PGRI Silampari
  • Ovilia Putri UG Universitas PGRI Silampari

Abstract

Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukaan di Desa Payolebar, Kecamatan Singkut. Dikarenakan Ibu-ibu rumah tangga di Desa Payolebar sedang membuat program lingkungan hijau yang di perlombakan setiap tahun pada tingkat kecamatan. Dalam mendukung program tersebut tim membantu menangani limbah tahu untuk dimanfaatkan sebagai biogas. Kurangnya pengetahuan masyarakat setempat akan pengelolahan limbah tahu, membuat tim tertarik untuk menerapkan teknologi sederhana yang dapat membantu mereka dalam mengelola limbah tahu dengan baik dan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, dengan latar belakang masyarakat yang menghabiskan waktu berkebun dan berjualan, masyarakat khususnya Ibu-ibu di Desa Payolebar menjadi kurang wawasan akan pengembangan teknologi yang dapat mengatasi permasalahan limbah tahu yang ada dilingkungan mereka. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini TIM mensosialisasikan bagaimana menerapkan teknologi dan membuat digester sederhana dalam mengatasi limbah tahu yang ada dilingkungan kemudian dijadikan biogas. Digetser biogas adalah salah satu alat pengolahan limbah organik menjadi gas alam, melalui alat digester ini akan dihasilkan biogas yang dapat menggantikan bahan bakar gas untuk memenuhi keperluan memasak Ibu-ibu di Desa Payolebar

References

Abimanyu, Yusuf Reza. 2018. Analisa Pemanfaatan Limbah Cair Tahu Sebagai Alternatif Biogas [Tugas Akhir]. Surakarta : Unibersitas Sebelas Maret.
Artiani, Gita Puspa dan Indah Handayasari. 2017. Optimalisasi PengolahanSampah Organik Dengan teknologi Biodigester Sebagai Upaya Konservasi Lingkungan. 6 (2) : 101-103.
Agung. 2012. Pengolahan Limbah Cair Industri Tahu Metode Elektrokoagulasi.
Simamora, S., Salundik, Sri W., Surajudin, 2006. Membuat Biogas. Jakarta: Agro Media Pustaka.
wan Ade Setiawan, 2008, Memanfaatkan Kotoran Ternak, cetakan 14.Jakarta:Penebar Swadaya.
Sadzali, Imam. 2007. Potensi Limbah Tahu sebagai Biogas dan Manfaatnya
terhadap lingkungan.
Shahab, Alia. 2010. Pengaruh Waktu Pengadukan terhadap Pembuatan biogas
dari campuran limbah industri Tahu dan Eceng Gondok dengan Metode
Anaerob. Palembang ; Teknik Kimia POLSRI.
Published
2022-06-03

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>