https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/SIBISA/issue/feed Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing 2024-02-17T09:03:58+00:00 Cekman, M.Pd. cekman373@gmail.com Open Journal Systems <p><em><strong>Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing</strong></em> is a journal containing research articles in several fields, namely: (1) teaching Indonesian language and local, regional and foreign languages; (2) Indonesian, regional and foreign linguistics; and (3) Indonesian, regional and foreign literature. <em>Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing</em>&nbsp;can be reserved for researchers, academics, professionals, practitioners, and students to deliver the results of their research in the form of research articles. <em>Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing</em> have ISSN 2620-6919 (Print) and ISSN 2620-3316 (Online). First published on June 2018 by LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau. It will regularly be published twice a year, in June and December. On Volume 1 Number 1 2018,&nbsp; Journal of <em>Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing</em> was submitted to an Arjuna National Accreditation and was ranked in <strong>Sinta 4</strong>.</p> https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/SIBISA/article/view/2617 ANALISIS UKBI (UJI KEMAHIRAN BAHASA INDONESIA) PADA SISWA SMA NEGERI 5 LUBUKLINGGAU 2023-12-29T14:40:00+00:00 Agung Nugroho agungaryonugroho886@gamil.com Jamaludin . agungaryonugroho886@gmail.com Al Fatia Rizki Ramawanto agungaryonugroho886@gmail.com Rina Agustina agungaryonugroho886@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan 1) Mendeskripsikan kegiatan UKBI (Uji Kemahiran Bahasa Indonesia) pada siswa SMA Negeri 5 Lubuklinggau. 2) Mendeskripsikan perbandingan skor UKBI (Uji Kemahiran Bahasa Indonesia) pada siswa X, XI dan XII SMA Negeri 5 Lubuklinggau. Berdasarkan hasil UKBI (Uji Kemahiran Bahasa Indonesia) tentunya akan memunculkan banyak permasalahan yang harus dipecahkan bersama agar hasil siswa lebih maksimal. Permasalahan tersebut harus dicarikan akar permasalahan melalui data hasil UKBI dan wawancara, sehingga didapat data yang falid. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif deskriptif dengan sumber data diperoleh dari siswa kelas X, XI dan XII SMA Negeri 5 Lubuklinggau. Analisis data menggunakan model interaktif meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, hingga penarikan simpulan. Selanjutnya data dari hasil skor UKBI siswa SMA Negeri 5 Lubuklinggau dideskripsikan dan ditentukan rata-rata hasilnya. Berdasarkan&nbsp; hasil penelitian diketahui hasil UKBI siswa SMA Negeri 5 Lubuklinggau dikategorikan Sangat Unggul, sehingga dapat diperoleh kesimpulan jika pemahaman bahasa Indonesia di sekolah sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan jika pelaksanaan UKBI di SMA Negeri 5 Lubuklinggau efektif pada siswa sehingga siswa dalam kategori baik dalam penggunaan bahasa Indonesia.</p> 2023-12-29T14:39:58+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/SIBISA/article/view/2634 PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS NASKAH DRAMA BERBASIS CERITA RAKYAT MURATARA PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI KARANG JAYA 2023-12-30T03:41:21+00:00 Cekman . cekmane@yahoo.com Virry Grinitha virry.grinitha71@gmail.com Bagas Apriyansyah man798156@gmail.com Rizki Saputra man798156@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar menulis naskah drama berbasis cerita rakyat Murtara pada siswa kelas X SMA Negeri Karangjaya yang valid dan praktis. Secara umum hasil indentivikasi awal, jika guru dan siswa masih menggunakan bahan ajar buku teks yang tidak berorientasi pada sastra lokal. Selain itu bahan ajar yang ada kurang menarik motivasi belajar siswa kelas X SMA Negeri Karang Jaya. Metode yang digunakan penelitian Research and Development (R&amp;D) dan digunakan model Dick &amp; Carey yang dibatasi sampai 8 tahap. a) analisis kebutuhan dan tujuan; b) analisis pembelajaran; c) analisis pembelajaran (siswa) dan konteks; d) merumuskan tujuan performansi; e) mengembangkan instrument; f) mengembangkan strategi pembelajaran; g) mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran; h) merancang dan melakukan evaluasi formatif; i) melakukan revisi; j) evaluasi sumatif akan tetapi dalam penelitian ini dibatasi pada tahap evaluasi formatif. Berdasarkan hasil penelitian keseluruhan validasi terhadap bahan ajar, persentase yang diperoleh berjumlah 78,3 % dengan kategori valid. Rincian masing-masing persentase validasi adalah hasil validasi desain persentasenya berada di angka76% sehingga tergolong valid. Hasil validasi materi dengan persentase 80% berkategori valid, sedangkan validasi bahasa dengan persentase berjumlah 80% dalam kategori valid. Hasil ketiga validasi ini membuktikan bahwa bahan ajar yang dikembangkan oleh peneliti berkategori valid. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan jika bahan ajar menulis naskah drama berbasis cerita rakyat Musirawas Utara sudah sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa SMA Negeri Karang Jaya.</p> 2023-12-30T03:41:20+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/SIBISA/article/view/2618 PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PRAGMATIK BERBASIS EXPERENTIAL LEARNING 2023-12-30T03:49:01+00:00 Dian Ramadan Lazuardi ramadanlazuardi85@gmail.com M Syahrun Effendi dianramadan78@gmmail.com Deserli Pajarada Wulan Rahmadan dianramadan78@gmmail.com Reza Mareta Permata Sari dianramadan78@gmmail.com <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p>Pragmatik adalah mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh calon guru Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dengan beban sebanyak 2 SKS. Mengingat pentingnya mata kuliah ini bagi mahasiswa yang bertujuan untuk memberikan sejumlah pengetahuan dan wawasan dalam bidang pragmatik diperlukan sebuah bahan ajar yang mampu menunjang kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar Pragmatik berbasis <em>Experential Learning</em> dan untuk mengetahui kevalidan dan keefektifan bahan ajar yang dikembangkan<em>. </em>Penelitian ini menggunakan pendekatan R&amp;D (<em>research and development) </em>yaitu model<em> Dick and Carey</em><strong>.</strong> Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, kuesioner, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif. Deskriptif kualitatif tersebut digunakan untuk menganalisis data dan informasi pengembangan bahan ajar Pragmatik berbasis <em>Experential Learning</em>. Hasil validasi kebahasaan menunjukkan bahwa bahan ajar Pragmatik sangat valid untuk digunakan dengan perolehan angka 0,96. Kemudian hasil validasi penyajian dan kegrafikan diperoleh angka 0,80 dengan kategori valid. Sedangkan penilaian ahli isi/ materi diperoleh angka 0,75 berada pada kategori valid. Selanjutnya pada uji coba kelompok kecil menunjukkan bahwa bahan ajar Pragmatik praktis untuk digunakan dengan pesentase 72% dan uji coba pada kelompok besar menunjukkan bahwa bahan ajar Pragmatik praktis untuk digunakan dengan pesentase 93,20%.</p> <p>&nbsp;</p> 2023-12-30T03:49:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/SIBISA/article/view/2282 Main Character Personality in Ade Ubaidil's Yuni Novel Literary Psychology Study 2023-12-30T03:54:19+00:00 Dinda Wahyuningtyas dindatyas6@gmail.com Sukardi . edylebah22@gmail.com <p>This study aims to examine the personality of the main character in describing the personality of the main character. The novel in this research is Ade Ubaidil's Yuni Novel which was adapted from Kamila Andini's Yuni film. The method used is descriptive qualitative with a description of the contents, the focus used for this research is in the literature review. The data collection technique used is the reading and note technique. The results of these studies are as follows. The personality of the main character in Sigmund Freud's theory has 3 types of personality, namely id, ego, and superego. Yuni's figure in the id aspect is seen in the personality of psychic energy or instinct that has been carried from birth, this aspect always seeks pleasure and avoids things that are uncomfortable. On the ego aspect, Yuni feels spiritual roles such as: problem solving, decision making and reasoning. And the aspect of Yuni's superego shows the good and bad values ​​of decisions taken such as secretly taking money from Mrs. Ndek's cupboard).</p> 2023-12-30T03:54:18+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/SIBISA/article/view/2605 PENGEMBANGAN MODEL PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA TEMA KERARIFAN LOKAL BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK SMA 2023-12-30T03:56:46+00:00 Encil Puspitoningrum encil@unpkediri.ac.id Endang Waryanti endangwariyanti@unpkediri.ac.id Moch. Muarifin muarifin@unpkediri.ac.id Sardjono . encil@unpkediri.ac.id David Rindu Kurniawan encil@unpkediri.ac.id <p>Tujuan artikel ini adalah mendeskripsikan pengembangan model penguatan profil pelajar Pancasila dengan tema kearifan lokal berbasis pendidikan karakter untuk SMA. Artikel ini termasuk dalam gagasn konseptual dengan menggunakan metode studi pustaka. Aktivitasnya mencakup mengumpulkan informasi yang relevan dengan topik penelitian. Informasi dapat didapatkan dari buku dan karya tulis ilmiah. Pendidikan karakter dan pengenalan nilai-nilai Pancasila menjadi landasan utama dalam membentuk kepribadian siswa. Dalam konteks ini, artikel mengeksplorasi strategi yang dapat memperkuat pemahaman dan implementasi nilai-nilai Pancasila, khususnya melibatkan konsep kearifan lokal sebagai titik sentral. Hasil pengembangan model penguatan profil pelajar Pancasila yaitu mendeskripsikan tentang (1) nilai karakter yang dikembangkan di SMA, (2) pendidikan karakter dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMA bertema kearifan lokal, dan (3) kelebihan dan kekurangan penerapan pendidikan karakter pada kegiatan P5. Dengan demikian, model penguatan profil pelajar Pancasila ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap pembentukan karakter siswa SMA, memperkenalkan kembali kearifan lokal yang dimiliki oleh kota Kediri dan dapat menciptakan individu yang berkualitas dan memiliki identitas kebangsaan yang kuat.</p> 2023-12-30T03:56:45+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/SIBISA/article/view/1333 KEEFEKTIFAN MODUL PEMENTASAN MONOLOG BERBASIS KEARIFAN LOKAL DENGAN METODE ROLE PLAYING DAN TEKNIK 3M (MENIRU, MENGOLAH DAN MENGEMBANGKAN) 2023-12-30T04:01:20+00:00 Hetilaniar . hetilaniar@univpgri-palembang.ac.id Liza Murniviyanti murniviyantiliza@gmail.com <p><span class="Y2IQFc" lang="en">his study resulted in a monologue staging module based on local wisdom for students of the Indonesian Language Education Study Program. As an independent study material, the module contains four main parts: the concept of a monologue, the activity of writing a monologue script idea, the practice of a monologue using the role playing method and 3M techniques, and a follow-up activity. The modules are developed based on the Borg and Gall development model. The procedure carried out is divided into four main stages, namely preliminary studies, module draft development, and validation to experts and practitioners, and effectiveness testing. To measure the effectiveness of the drama performance module in supporting students' mastery of drama appreciation. Students are given the task of making a monologue video at the end of teaching and learning activities as an evaluation tool. Based on the results and discussion of this study, the t-table data for the small group was 2.0, while the t-count was 9.7. So, tcount &gt; ttable is 9.7 &gt; 2.0. ttable in the large group is 1.695 and tcount is 165.2. So, tcount &gt; ttable is 165.2 &gt; 1.695. So it can be concluded that H0 is rejected and Ha is accepted, because there is a significant difference between student learning outcomes before and after using the monologue staging module, this also proves that the module is very effective in improving the learning outcomes of drama theory courses.</span></p> 2023-12-30T04:01:20+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/SIBISA/article/view/2261 ANALISIS SOSIOLOGIS DALAM NOVEL LAUT BERCERITA KARYA LEIL S. CHUDORI 2023-12-30T04:07:59+00:00 Dinda Nurdiana charameltdae@gmail.com Aveny Septi Astriani 212121063@student.unsil.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peristiwa sosial, fakta sosial, dan tingkah laku masyarakat dalam novel <em>Laut Bercerita</em>. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan jenis data berupa sekunder dan primer. Untuk memperoleh data-data tersebut dilakukan dengan tahap membaca sumber asli berupa novel dan buku sejarah, serta mengungkapkan fakta melalui kata, kalimat, dan paragraf. Hasil dari penelitian tersebut mengungkapkan bahwa latar belakang novel ini merupakan kejadian pada masa Orde Baru menuju Reformasi. Dapat disimpulkan bahwa Orde Baru merupakan era kepemimpinan Soeharto. Di balik perekonomian yang bagus, terdapat penderitaan rakyat kecil beserta mahasiswa-mahasiswa aktivis yang selalu dibungkam suaranya. Masa Reformasi merupakan runtuhnya pimpinan Soeharto dan digantikan dengan BJ. Habibie. Novel ini menunjukan adanya keterkaitan dengan fakta sosial serta mengandung sejarah. Pembaca pada generasi selanjutnya diharapkan untuk membuka pikirannya pada sejarah yang terjadi di negara sendiri</p> 2023-12-30T04:07:59+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/SIBISA/article/view/2486 AFFIRMATION AND REINFORCEMENT OF MEANING IN TVONENEWS NEWS HEADLINES 2024-01-04T14:09:47+00:00 Suci Rahmah Sari rahmahsuci681@gmail.com Yeni Ernawati yeni.ernawati@binadarma.ac.id <p><strong>Abstract</strong></p> <p>This research aims to describe the use of dysphemia and euphemism in tvOneNews headlines. The theory used as a reference by the researcher is Chaer's theory (2013). Chaer's theory states that there are causative factors that affect meaning change, namely there are 5 types of meaning change including widening, narrowing, euphemia, dysphemia, and total change. The research method used is qualitative with a case study approach. The data source taken is in the form of news headlines on tvOneNews Investigation and Crime: "Telusur". The data collection technique is listening and noting. The data analysis technique was carried out in several stages, namely classifying the data, analysing the data, and concluding the results. The results of the research found the use of diphthaemia as much as 18 data and euphthaemia 17 data, and the changes occurred in words and phrases. Interpreting from this research, the use of dysphemia in news headlines on tvOneNews is more than euphemia. The use of more dysphemia can refer to Chaer's theory that this use can give an effect of assertiveness, and reinforcement of meaning in a sentence, tvOneNews uses it in its news headlines displayed on the YouTube platform to be able to give that effect.</p> <p>&nbsp;</p> 2024-01-04T14:09:46+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/SIBISA/article/view/2645 KORELASI KEMAMPUAN BERPIDATO DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PIDATO SISWA 2024-01-28T16:06:17+00:00 Didi Yulistio yulistiodidi@unib.ac.id Anita Fhitri yulistiodidi@unib.ac.id <p><strong><em>.</em></strong><em> The purpose of this study was to determine the correlation of Speech Ability with the Ability to Write Speech Texts of Class XI Students of SMAN 2 Bengkulu City. This research used correlational method. The research population was all students of class XI of SMAN 2 Bengkulu city with the research sample using purposive sampling technique that is with special consideration only taking students of class XI-E MIPA as many as 30 people. Research design with independent variable (X) speech skills and dependent variable (Y) ability to write speech text. Data collection used speech practice tests and speech text writing tests. The research instruments were (1) instructions and rubrics for writing speech texts including aspects of content, text structure, diction, formal sentences, and mechanics (BI spelling) and (2) rubrics for assessing speech practice including five elements of linguistic aspects and five elements of non-language aspects. The data analysis technique used the average formula for each variable and the product moment correlation formula to test the research hypothesis. The results showed that students' speech skills were categorized as good followed by students' speech text writing skills which were also categorized as good. The alternative hypothesis test results with kk of 0.977 at the 5% significance level or rhit (0.977) &gt; rtabel (0.361) are accepted. That is, there is a positive and significant correlation between Speech Proficiency and Speech Text Writing Ability of Class XI Students of SMAN 2 Bengkulu City. This means that the high value of speech text writing ability occurs because of the high value of students' speech ability or vice versa</em></p> 2024-01-28T16:06:16+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/SIBISA/article/view/2647 PENGGUNAAN MANTRA DALAM PENGOBATAN TRADISIONAL AKIBAT BISA GIGITAN ULAR DI DESA SRIKATON (KAJIAN ANTROPOLINGUISTIK) 2024-02-08T01:47:56+00:00 Dessy Wardiah dessywardiah77@univpgri-palembang.ac.id Achmad Wahidy achmadwahidy@gmail.com Arif Kurniawan kurniawanarif197@gmail.com <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna, nilai dan fungsi pada gaya bahasa mantra pengobatan tradisional di Desa Srikaton. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan sumber data yang berasal dari hasil wawancara dan dokumentasi bersama para informan. Gaya bahasa pada mantra ini berupa lantunan bahasa Jawa dan Arab. Mantra ini telah digunakan sekitar 15 tahun dan telah mengobati kurang lebih 1000 jiwa. Hasil analisis makna pada gaya bahasa mantra tersebut diperoleh makna denotatif, konotatif, emotif dan kognitif. Fungsi pada gaya bahasa mantra menerangkan kefungsiannya dalam memohon pertolongan kepada Tuhan, meminta perlindungan, menghilangkan penyakit, dan penenang hati. Nilai yang terkandung dalam mantra tersebut meliputi nilai hubungan manusia dengan manusia, hubungan manusia dengan diri sendiri, hubungan manusia dengan alam dan hubungan manusia dengan Tuhan. Kebaruan dari penelitian ini adalah peneliti melakukan analisis gaya bahasa dari mantra pengobatan menggunakan kajian antropolinguistik. Penelitian ini dilakukan sebagai wujud pendokumentasian terhadap salah satu jenis sastra lisan agar tidak menghilang dari kehidupan masyarakat.</p> 2024-02-08T01:47:55+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/SIBISA/article/view/2490 IMPLEMENTATION OF BAHASA INDONESIA AND LITERATURE CURRICULUM BASED ON LOCAL WISDOM 2024-02-17T09:03:58+00:00 Friska Ria Sitorus friskariasitorus@unprimdn.ac.id Nurdiana . nurdiana@dinas.belajar.id Syamsirudin . syamsirarpal@gmail.com Salihin . bujangroa@gmail.com <p>Students, teachers, and curricula complement each other, which needs collaboration and interaction among those parties to reach an effective and holistic learning environment. Many factors influence curriculum development: local culture, diversity, and social conditions in an area. As Indonesian citizens, we should still be proud of the cultural diversity that our country has. Therefore, considering how foreign cultural values have developed rapidly, many schools, especially teachers, apply a learning curriculum based on local wisdom. This research aims to determine how the local wisdom-based curriculum is applied in Bahasa Indonesian and Literature lessons. This study uses the observation method, in which the data collection is based on what is observed and reviewed. At the junior high school, which was the object of the study, the researchers found several forms of local wisdom application in learning Indonesian. This application form is seen in the extracurricular, co-curricular, and extracurricular learning processes.</p> 2024-02-17T09:03:57+00:00 ##submission.copyrightStatement##