STUDI DESKRIPTIF KETERAMPILAN VARIASI GAYA MENGAJAR GURU PADA PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS II SD NEGERI 68 KOTA BENGKULU

  • Igit Setiono Universitas Bengkulu, Indonesia
  • Puspa Djuwati Universitas Bengkulu, Indonesia
  • Dalifa Dalifa Universitas Bengkulu, Indonesia
Keywords: Variation Skills, Teaching Style

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan variasi keterampilan gaya mengajar guru yang meliputi pemahaman guru, pelaksanaan, hambatan, dan cara mengatasinya dalam proses pembelajaran di kelas II SDN 68 kota Bengkulu. Pendekatan dan jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru kelas II guru Fr dan guru Py. Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan teknik observasi dan wawancara. Teknik analisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan & Verifikasi. Uji kredibilitas data melalui penyuluhan observasi, peningkatan ketekunan, diskusi dengan rekan sejawat dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas II sudah cukup memahami tentang keterampilan variasi gaya mengajar, dalam proses pembelajaran hampir semua komponen telah dilaksanakan meskipun belum optimal, hambatan adalah perbedaan kemampuan antar siswa, dan cara mengatasinya adalah dengan pengkondisian murid-murid.

References

Angganing, Paradika. 2011. “Hubungan gaya mengajar guru dan sikap peserta didik dengan prestasi peserta didik kelas 5 di Kecamatan Wonogiri kabupaten Wonogiri adalah penelitian yang diteliti oleh Paradika Angganing pada tahun 2011”, http://www.google.com/ url?.uns.ac.id. Diunduh pada tanggal 01 Nopember 2014.
Ahmadi, Rulam. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Anitah, Sri W, et al. 2008. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Budiyanti, Hendri. 2012. “Hubungan Gaya Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Matematika pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Pulutan Salatiga Tahun 2012”, http://www.google.com/url?.stainsalatiga.ac.id. Diunduh pada tanggal 01 Nopember 2014.
Darmadi, Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
M, Sardiman A. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajagrapindo Persada.
Mulyasa, E. 2009. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. 2008. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosdakarya.
Santrock, John W. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika.
Satori dan Komariah. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suprijono, Agus. 2013. Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wahyudi, Ervin Tri. 2010. “Pengaruh motivasi belajar siswa dan variasi gaya mengajar guru terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Virgo Fidelis Bawen tahun 2009/2010”, http://www.google.com/ url?.uns.ac.id. Diunduh pada tanggal 01 Nopember 2014.
Winarni, Endang Widi. 2011. Penelitian Pendidikan. Bengkulu: Unit Penerbitan FKIP UNIB.
Published
2021-07-15
How to Cite
Setiono, I., Djuwati, P., & Dalifa, D. (2021). STUDI DESKRIPTIF KETERAMPILAN VARIASI GAYA MENGAJAR GURU PADA PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS II SD NEGERI 68 KOTA BENGKULU. PRIMARY EDUCATION JOURNAL SILAMPARI, 2(2), 1-11. Retrieved from https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/PEJS/article/view/1282