PELATIHAN DAN PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER CERDAS FORMAT KELAOMPOK (PKC-KO) GURU BIMBINGAN DAN KONSELING SMA NEGERI 2 JAYAPURA DALAM RANGKA MEMBENTUK GENERASI BERKARAKTER DAN CERDAS

  • Yansen Alberth Reba Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Cenderawasih, Jayapura
  • Sally Putri Karisma Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Cenderawasih, Jayapura
  • Felix Reba Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Cenderawasih, Jayapura
  • Irmawati Irmawati Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Cenderawasih, Jayapura

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk 1) agar guru bimbingan dan konseling mampu melaksanakan PKC-KO ini kepada siswa, 2) agar generasi penerus bangsa yakni siswa memiliki karakter cerdas sesuai norma pancasila dan norma yang berlaku di masyarakat, 3) agar siswa mampu  melaksanakan, menghayati, mengamalkan dan menaati norma pancasila dan norma yang berlaku di masyarakat. Metode yang digunakan dalam kegiatan pegabdian kepada masayarakat ini adalah metode pelatihan dan penerapan. Pelatihan dilaksanakan dengan menggunakan buku saku PKC-KO sebagai pegangan dan panduan saat pelaksanaan kegiatan. Pelatihan dan penerapan ini dilaksanakan da dipandu oleh para dosen dan mahasiswa dari program studi bimbingan dan konseling, jurusan ilmu pendidikan fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas cenderawasih. Hasilnya diantaranya 1) luaran bagi peserta yang dicapai yaitu peningkatan pemahaman dan ketrampilan pelaksanaan layanan dalam bimbingan dan konseling khususnya dengan menggunakan layanan PKC-KO, 2) bagi tim pengabdi, luaran yang dicapai adalah draf modul yang dapat digunakan kedepan untuk pelatihan dan penerapan PKC-KO guru bimbingan dan konseling, dan 3) Publikasi pada media online, yaitu website Jurnal Cemerlang: Pengabdian Pada Masyarakat yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian, Pengembangan, Pengabdian pada Masyarakat dan Kerjasama (LP4MK) STKIP PGRI Lubuklinggau.

References

Ahmad, M. (2019). Implementasi pendidikan karakter di masdrasah berbasis pesantren (studi di MA PSA Nurul Amal Bandungan). Univesitas Wahid Hasyim Semarang.

Daryanto. (2010). Belajar dan Mengajar. Bandung: Yrama Widya.

Hanani, D., Gall, J.P., Borg, W.R.D., & Gall, J.P.(2003). Educational research: An introduction (7th ed.). Pearson Education Inc.

Prayitno. (2009). Pendidikan Karakter - Cerda: Pemikiran Alternatif melalui metode klasikal dan non-klasikal dalam pembinaan karakter bangsa”, Makalah,

Prayitno. (2014). Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang. Padang: FKIP UNP.
Published
2023-12-16