PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI GURU SMP NEGERI SUMBER REJO KECAMATAN MEGANG SAKTI

  • Merti Triyanti Universitas PGRI Silampari
  • Sulistiyono Sulistiyono Universitas PGRI Silampari

Abstract

Banyak hal yang bisa dilakukan oleh seorang guru dalam mengembangkan pengetahuannya, salah satunya adalah dengan menulis, salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh guru  adalah berupa kemampuan menulis artikel ilmiah tidak dapat dipisahkannya kegiatan menulis bagi seorang guru yang dituntut harus selalu kreatif dalam membuat tulisannya. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kompetensi guru dalam penulisan artikel ilmiah. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah metode ceramah untuk penyampaian materi terkait penulisan karya ilmiah dan kemudian dilanjutkan dengan praktik pembuatan artikel secara langsung. Luaran dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah meningkatkan pemahaman dan pengetahuan guru dalam mempublikasikan karya tulis ilmiah yang di publish dalam jurnal.

References

Asfandiyar, Yudha Andi. 2007. Cara Pintar Mendongeng. Jakarta: Mizan.

Aliyah, Siti. 2011. Pengaruh metode storytelling dengan media panggung boneka terhadap peningkatan kemampuan menyimak dan berbicara anak usia dini. Tesis. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Bunanta, Murti. 2009. Buku, Dongeng, dan Minat Baca. Jakarta: Murti Bunanta Foundation.

Daryanto. (2013) Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru, Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Mokhtar, Nor Hasni. Michi Farida Abdul Halim, Sharifah Zurina Syed Kamarulzaman. 2010. The Effectiveness of Storytelling in Enhancing Communicative Skills. Journal Procedia-Social and Behavioral Sciences. Vol. 18, 2011, Pages 163-169.

Musfiroh. (2012) Media dan Sumber Pembelajaran, Jakarta:PT Prestasi Pustaka Karya.
Published
2023-12-15

Most read articles by the same author(s)