WORKSHOP PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI GURU DI KECAMATAN KARANG JAYA MUSI RAWAS

  • Supriyanto Supriyanto Universitas PGRI Silampari
  • Isbandiyah Isbandiyah Universitas PGRI Silampari

Abstract

Pengabdian pada masyarakat yang telah dilakukan ini adalah kegiatan workshop penulisan karya ilmiah bagi guru di Kecamatan Karang Jaya, Musi Rawas Utara. Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam menulis karya ilmiah seperti menulis makalah dan artikel ilmiah. Memiliki kemampuan dan keterampilan dalam bidang karya ilmiah merupakan tuntutan yang harus dipenuhi untuk kenaikan pangkat dan juga memenuhi komponen insturumen akreditasi agar sekolah mendapat skor maksimal, sehingga kegiatan workshop ini perlu dilakukan. Melalui kegiatan workshop ini diharapkan dapat membantu guru meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam menulis karya ilmiah dan membantu sekolah dalam meningkatkan akreditasi sekolah. Metode yang digunakan dalam kegiatan workshop penulisan karya ilmiah ini yaitu: 1) metode ceramah; 2) metode tanya jawab; dan 3) metode simulasi. Evaluasi kegiatan dilakukan selama proses dan akhir kegiatan, pada aspek pencapaian tujuan kegiatan dan juga penyelenggaraan kegiatan. Evaluasi proses dan hasil dilakukan dengan dokumentasi. Sedangkan evaluasi aspek penyelenggaraan kegiatan dilakukan dengan observasi. Indikator keberhasilan dalam pelaksanaan workshop penulisan karya ilmiah menggunakan 2 metode, yaitu: (1) evaluasi selama proses kegiatan, dan (2) evaluasi pasca kegiatan workshop.

References

Asmi. Rol. Adhitya, Surbakti. B. Aulia Novemy Dhita, Hudaidah. (2018) Karya Ilmiah untuk Pembelajaran Mata Kuliah Pancasila MPK Universitas Sriwijaya, Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27 (1), 1-10.

Gozali, F. dan Billion Lo. 2011. “Pemanfaatan Teknologi Open Source dalam Pengembangan Proses Belajar Jarak Jauh di Perguruan Tinggi ”. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Optimalisasi Pemanfaatan Aplikasi TIdalam Dunia Pendidikan. Jurusan Pendidikan Teknik Informasika. Singaraja. 20 September 2011.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hidayatullah, M. S., & Rakhmawati, L. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flipbook Maker pada Mata Pelajaran Elektronika Dasar di SMK N 1 Sampang. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1), 83–88.

Ihsan, M., N. (2014). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Pelet, j.-E. (2014). E-learning 2.1 Techniques and Web Application in Higher Education. USA: IGI Global.

Wijayanto, & Saifuddin Zuhri, M. (2014). Pengembangan E-Modul Berbasis Flip Book Maker Dengan Model Project Based Learning Untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Prosiding Mathematics and Sciences Forum, 625–628.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Kartinah, dkk. 2022. Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Dan Publikasi Bagi Guru Sekolah Dasar Di Kota Semarang: Jurnal Abdimas Patikala Vol. 1, No. 4, Tahun2022

Laksanawati, 2021. Pendampingan Penulisan dan Publikasi Artikel Imliah dari Hasil Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Fisika Alumni Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah : Jurnal Pengabdian Multidisiplin Volume 1 Nomor 3, November 2021

Sari, Kumala,dkk. 2021. Program Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Tk Negeri Pembina 2 Tarakan : JPMB (Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo) Volume 5 Nomor 1 Juni 2021

Sumarni, Al Khidmat , 2020. Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru-Guru SMA Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat Vol.3 No.1 Tahun 2020

Tim Penyusun, 2020. Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan 2020 Jenjang Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah Jakarta: Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah
Published
2023-06-16

Most read articles by the same author(s)