SOSIALISASI PERAN KELUARGA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DI KECAMATAN NIBUNG KABUPATEN MUSI RAWAS UTARA

  • Isbandiyah Isbandiyah STKIP PGRI Lubuklinggau
  • Supriyanto Supriyanto STKIP PGRI Lubuklinggau

Abstract

Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan pemahaman masyarakat tentang peran keluarga dalam pembentukan karakter anak. Metode kegiatan yang digunakan adalah dengan cara ceramah dan tanya jawab. Sasaran kegiatan ini adalah masyarakat di Kecamatan Nibung Kabupaten Musi Rawas Utara. Hasil pelaksanan kegiatan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan sosialisasi peran keluarga baik proses maupun hasil, dapat dikatakan berhasil dengan baik. Hal ini dilihat dari hasil evaluasi yang meliputi kehadiran peserta dalam mengikuti kegiatan, antusiasme peserta, serta respon masyarakat terhadap pelaksanaan kegiatan, dimana terdapat peserta yang meminta kepada pelaksana kegiatan untuk melaksanakan kegiatan yang lebih besar. Kegiatan pengabdian ini, difokuskan pada pendidikan masyarakat dalam rangka untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai peran keluarga dalam membentuk karakter anak dan memahami metode menanamkan nilai-nilai karakter.

References

Abdulsyani. 2007. Sosiologi: Sistematika, Teori, dan Terapan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Adisusilo, Sutarjo. 2012. Pembelajaran Nilai-nilai Karakter: Konstruktivisme dan VCT sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Arikunto, Suharsimi. 2007. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Aunillah, Nurla Isna. 2011. Paduan Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Laksana.

Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya. Bandung: Alfabeta.

Megawangi, Ratna. 2004. Pendidikan Karakter: Solusi yang Tepat untuk Membangun Bangsa. Jakarta: BP Migas.

Mumpuniarti, dkk. 2013. Sosialisasi dan Pelatihan Model Pendidikan Nilai sebagai Upaya Pembentukan Karakter Peserta Didik dalam Implementasi Pendidikan Inklusif. Laporan Program PPM. Universitas Negeri Yogyakarta.

Puspitawati, Herien. 2013. Konsep dan Teori Keluarga. Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen. Fakultas Ekologi Manusia. Institut Pertanian Bogor.

Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sulistyowati, Endah. 2012. Implementasi Kurikulum Pendidikan Karakter. Yogyakarta: PT Citra Aji Parama.

Supardan, Dadang. 2009. Pengantar Ilmu Sosial: Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Jakarta: Bumi Aksara.

Tatang S. 2012. Ilmu Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Published
2021-06-30